Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Delapan Tahun

18.44 PLUSH 0 Comments Category : , , , , , , , , , ,

11 November 2000.
Kerlap Kerlip Warna Kedaton. 
Ratusan anak-anak pelangi dari seluruh penjuru Indonesia berbagi keceriaan, merayakan indahnya keberagaman. Petang yang penuh warna mendadak suram, kelam, ketika ratusan orang datang menyerang mereka. Entah berapa puluh yang terluka fisiknya. Duka dan trauma menghantui, bahkan bertahun-tahun sesudahnya.

Tapi, bukan anak pelangi namanya kalau tidak bersinar kembali setelah badai. Segelintir yang tersisa memutuskan melawan rasa takut mereka, dan kembali berkumpul. Kali ini, tak hanya bersenang-senang, tapi juga belajar. Ya, belajar. Ditemani banyak kawan yang luar biasa, mereka rutin mendiskusikan seksualitas untuk memahami diri sendiri, dan tentang hukum untuk mengerti bahwa tak seorang pun berhak memperlakukan mereka dengan sewenang-wenang. Anak-anak pelangi yang lain semakin banyak berdatangan, memenuhi kebutuhan mereka akan ilmu dan kawan yang baik.

Delapan tahun kemudian.
31 Maret 2008.
Dikuatkan oleh kesadaran bahwa hak harus diperjuangkan, dan kerinduan untuk menjadi rumah yang aman bagi anak-anak pelangi lainnya, People Like Us Satu Hati resmi didirikan. 
Di rumah baru ini, mimpi bersama akan terciptanya Indonesia yang setara bagi semua orang terus ditumbuhkan. Tak peduli lesbian, gay, biseksual, trans*, queer, heteroseksual, cis-people, semua boleh datang. Berkawan, bercerita, belajar, bersenang-senang, dan tentu saja berjuang bersama.

Tidak terasa, sudah 8 tahun rumah ini berdiri dan menaungi, memberikan kehangatan, keteduhan, dan dukungan bagi mereka yang membutuhkan. Layaknya rumah biasa, kadang ia ramai, kadang sepi. Kadang juga ada yang berantem. Sesekali juga bocor kena hujan deras -bikin penghuninya panik. Tapi mimpi yang sama membuat seluruh penghuni rumah bahu-membahu menjaga dan merawat rumah. Biar semakin nyaman. Dan makin kuat.

Terima kasih, buat kita semua. Buat yang masih tinggal di sini. Buat yang sudah jauh tapi tetap berbagi kabar dan semangat. Buat setiap dari kita yang tidak pernah lelah saling menguatkan. Berbagi cerita dan mimpi, serta memperjuangkannya bersama. Buat saudara-saudara yang masih konsisten berjuang di wilayah-wilayah lainnya. Buat semua tetangga yang selalu sigap membantu dan meluangkan waktu untuk mampir. Kita semua lah yang membuat rumah ini makin hangat dan penuh warna. :)

Terima kasih, terima kasih, dan terima kasih.
Tidak sabar untuk melanjutkan petualangan kita bersama rumah ini. Hari, bulan, dan tahun-tahun selanjutnya.

Salam,
PLUSH
(People Like Us Satu Hati)

RELATED POSTS

0 comments