Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Upacara HUT RI 67 oleh Komunitas LGBT Yogyakarta

11.59 PLUSH 0 Comments Category : , ,


Riuh rendah warna-warni seragam berjejer rapi dalam barisan. Momen 17 Agustus, hari Kemerdekaan Indonesia, menjadi hari spesial bagi semua orang termauk teman-teman LGBT Yogyakarta dan simpatisan. Rasa nasionalisme yang menggelora atas tanah air diwujudkan dengan mengadakan upacara pengibaran merah putih.

Upacara diadakan di halaman Ndalem Notoprajan sekitar pukul 9 pagi. Upacara berlangsung sederhana tetapi khidmat. Berbeda dengan upacara yang diadakan pemerintah yang menelan 7.8 Milyar. Suatu situasi yang tidak bijak ditengah kondisi negara yang timpang. Para penguasa elit berfoya dengan kedudukannya dan selebrasi HUT RI, sedangkan masyarakat berjuang dan berkorban untuk merayakan HUT RI.

Hal tersebut senada dengan amanah inspektur upacara yang membicarakan mengenai perwujudan nasionalisme atas pengorbanan teman-teman LGBT Yogyakarta dan simpatisan yang rela hadir dan mengadakan upacara peringatan HUT RI walau saat ini hak-hak LGBT belum diakui seutuhnya.

Sedikit ironis memang, setelah kemerdekaan Indonesia yang berumur 67 tahun, ternyata warga negara Indonesia belum merdeka atas identitas mereka. 

Upacara sederhana tersebut diakhiri pembacaan doa sebagai perwujudan bahwa teman-teman LGBT juga makhluk Tuhan. Doa dilantunkan ditengah terik sengit matahari namun tak mengganggu kekhusukan. 

Upacara diakhiri sekitar pukul 10 pagi, gelora teman-teman LGBT menggempita usai upacara. Perayaan HUT RI bukan hanya milik golongan tertentu, tetapi itu milik kita semua. Berbagai latar belakang budaya dan identitas bukan berarti menghalangi mereka untuk turut bersuka cita. (Didin)

RELATED POSTS

0 comments